Workshop Pengembangan Kurikulum OBE

Purwokerto, 1 Maret 2024 – Program Studi Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) bersama Pusat Pengembangan Kurikulum Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dalam menggelar sebuah workshop berjudul “Pengembangan Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE)” pada Kamis, 1 Maret 2024. Acara ini merupakan langkah penting dalam usaha peningkatan mutu pendidikan yang responsif terhadap tantangan dan kebutuhan zaman.

Workshop ini menarik perhatian dosen, staf pengajar, dan pengelola program studi Hubungan Internasional, serta berbagai stakeholder terkait yang berinvestasi dalam pengembangan kurikulum pendidikan tinggi. Koordinator Pusat Pengembangan Kurikulum LP3M, Tri Nugroho Adi, S.Sos., M.Si., memberikan materi utama, menguraikan detail dan pentingnya implementasi pendidikan berbasis hasil atau Outcome-Based Education (OBE) dalam kurikulum.

OBE merupakan pendekatan pendidikan yang fokus pada pencapaian kompetensi mahasiswa sebagai inti dari proses pembelajaran. Pendekatan ini memfasilitasi perguruan tinggi dalam merancang kurikulum yang lebih terarah pada pengembangan keterampilan dan kompetensi mahasiswa, menjadikan pendidikan yang diberikan lebih relevan dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan masyarakat saat ini.

Tri Nugroho Adi menekankan bahwa pengintegrasian OBE ke dalam kurikulum adalah upaya strategis untuk memastikan lulusan Hubungan Internasional Unsoed memiliki kemampuan yang sesuai dengan tuntutan global. “Kami bertujuan untuk tidak hanya menyediakan pengetahuan akademis, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan praktis yang esensial untuk sukses di dunia kerja,” kata Tri Nugroho.

Selama workshop, peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi, berbagi ide, dan melakukan simulasi dalam merancang outcome pembelajaran serta metodologi penilaian yang efektif. Ini adalah upaya kolektif dalam merumuskan strategi implementasi kurikulum berbasis OBE yang dapat menghasilkan lulusan berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Acara ini diharapkan membuka jalan bagi Program Studi Hubungan Internasional dan unit pendidikan lainnya di Unsoed untuk menerapkan kurikulum yang tidak hanya terkini tetapi juga mampu menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan zaman.

Berita Terkait

Buka Bersama

PURWOKERTO – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman (LP3M Unsoed) mengadakan acara Buka Bersama dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Read More »

Workshop Pengembangan Kurikulum OBE

Purwokerto, 1 Maret 2024 – Program Studi Hubungan Internasional Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) bersama Pusat Pengembangan Kurikulum Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) dalam

Read More »

Informasi dan Pelayanan

LP3M menyediakan layanan bagi seluruh civitas akademika Universitas Jenderal Soedirman. Jadwal Pelayanan sebagai berikut:

Hari : Senin s/d Jumat

Waktu : Pukul 08.00 – 16.00

Alamat: Unsoed, Purwokerto
Contact Person: (0281) 243-8097 | Email: lp3m@unsoed.ac.id

2024 © All Rights Reserved

LP3M

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Integer nec odio. Praesent libero. Sed cursus ante dapibus diam. Sed nisi. 

Link Terkait

UNSOED

Media Sosial

Translate »
error: Content is protected !!

Discover more from LP3M | Universitas Jenderal Soedirman

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading